Jumat, 15 Juni 2012

KONSEP DASAR KUANTITATIF

1. Konsep Dasar Kualitatif
Kualitatif merupakan kajian berbagai studi dan kumpulan berbagai jenis materi empiris,seperti studi kasus, pengalaman personal, pengakuan introspektif, kisah hidup, wawancara,pengamatan. (Septiawan Santana K, 2010: 5)
Penelitian Kualitatif bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motifasi, tindakan dll. Secara kolintik mendiskripsikan dengan bahasa dan kata pada konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. (Lexy J. Moleong, 2007: 8)
Menurut Sugiono (2008: 207), Penelitian Kualitatif tidak hanya akan menetapkan penelitiannya hanya berdasarkan variabel penelitian tetapi keseluruhan yang meliputi aspek tempat (place), pelaku (actor), dan aktivitas (actifity) yang berinteraksi secara sinergis.
Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep dasar penelitian kualitatif tidak harus mencerminkan permasalahan dan variabel yang deteksi, tetapi usaha untuk mengungkapkan fenomena dalam situasi sosial secara luas, mendalam dan kolistik dan dapat menemukan hipotesis teori.

1 komentar: