Jumat, 15 Juni 2012

PRONOMINA

Pronomina
Pronomina atau kata ganti terdiri atas kata ganti diri, kata ganti penunjuk, dan lain-lain. Kata ganti diri dalam bahasa indonesia adalah:
a)    Saya, aku, kita, kami
b)    Engkau, kamu, kau, kalian, anda
c)    Dia, mereka
Contoh kalimat pronomina
1.    Ani, Berta, dan Clara sedang duduk-duduk di beranda depan rumah pak Dadi.
2.    Mereka sedang asyik  berbincang-bincang.
3.    Sebenarnya mereka sedang menanti saya dan Gando, untuk belajar bersama-sama.
4.    Saya tiba dan menyapa mereka.
5.    Dengan ucapan selamat sore.
6.    Gando belum juga tiba.
7.    Mungkin dia terlambat datang karena mobilnya mogok.
8.    Sebentar kemudian dia pun tiba.
9.    “Maaf saya terlambat, tadi kendaraan padat benar di jalan.
10.    Mungkin kalian sudah jengkel menanti saya!
11.    “Ani menjawab dengan tersenyum : tidak apa-apa, kami memaafkan kamu, Gando:teman-teman mari kita mulai membicarakan dan mengerjakan pekerjaan rumah kita:Pelajaran Bahasa Indonesia .
12.    Kami asyik berdiskusi, dan sebuah tugas dapat kami selesaikan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar