Jumat, 15 Juni 2012
RENCANA PEMBELAJARAN
PERANGKAT PEMBELAJARAN
ASPEK BERBICARA
Hamzah Ntouna, S.Pd., M.Pd
Dikembangkan dalam Rangka
Workshop Penyiapan Bahan Ajar SSP-PPG
FKIP UNIVERSITAS HALUOLEO
Desember
2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
BAHASA INDONESIA
SMA KELAS 10 SEMESTER II
Standar Kompetensi
Berbicara:
Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
Kompetensi Dasar
Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel
yang terdapat dalam media cetak atau elektronik.
oleh
Hamzah Ntouna, S.Pd., M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FKIP UNIVERSITAS HALUOLEO
Desember
2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 4 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 10/II
Unit/Tema :
Kemampuan/Aspek : Berbahasa/Berbicara
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Tahun Pelajaran : 20 /20
A. Standar Kompetensi
Berbicara: 10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber.
B. Kompetensi Dasar
10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak atau elektronik.
C. Indikator
1. Kognitif
a. Proses
1. Mampu mengidentifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel.
2. Mampu merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam
media cetak atau elektronik.
b. Hasil
1. Mampu mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.
2. Mampu merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat (apa isinya, siapa yang memunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dan sebagainya).
2. Psikomotorik
Mampu memberikan persetujuan/dukungan dengan bukti pendukung disertai dengan alasan.
3. Afektif
a. Karakter
1. Bertanggung jawab tentang tugas yang diberikan guru.
2. Jujur menyampaikan data/informasi.
3. Santun
b. Keterampilan sosial
1. Bekerja sama membahas kognitif, psikomotor, dan afektif.
2. Menghargai teman dan guru selama pembelajaran.
3. Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam bekerja sama dan memberi persetu juan isi artikel.
4. Memperhatikan pembelajaran.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Proses
1. Siswa mampu mengidentifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel setelah
disediakan beberapa kalimat persetujuan/dukungan contoh dan bertanya jawab.
2. Siswa mampu merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel yang
terdapat dalam media cetak atau elektronik logis disajikan beberapa kalimat
persetujuan/dukungan contoh dan bertanya jawab.
b. Hasil
1. Siswa mampu mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan
sumbernya setelah bertanya jawab/berdiskusi serta membacanya.
2. Siswa mampu merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum
dalam masyarakat dengan logis (apa isinya, siapa yang memunculkan, apa yang
menjadi latar belakangnya, dan sebagainya).
2. Psikomotorik
Siswa mampu memberikan persetujuan/dukungan secara lisan dengan bukti pendukung
disertai dengan alasan yang logis setelah merumuskan pokok persoalan dan bertanya jawab.
3. Afektif
a. Karakter
1. Siswa mampu bertanggung jawab tentang tugas yang diberikan guru.
2. Siswa mampu bersikap jujur menyampaikan persetujuan/dukungan.
3. Siswa mampu bersikap santun.
b. Keterampilan sosial
1. Siswa mampu bekerja sama membahas kognitif, psikomotor, dan afektif.
2. Siswa mampu menghargai teman dan guru selama pembelajaran.
3. Siswa mampu menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam bekerja sama dan
memberi persetujuan isi artikel.
4. Siswa mampu memperhatikan pembelajaran.
4. Kecakapan Hidup
1. Mahir memperoleh informasi dari berbagai sumber.
2. Mahir mengulas berbagai sumber tertulis secara profesional berdasarkan etika sosial.
E. Materi Pembelajaran
1. Mengidentifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel.
2. Merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel.
3. Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.
4. Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat
a. Isi persoalan
b. Latar belakang terjadinya persoalan
c. Pihak yang memunculkan persoalan
d. Akibat persoalan
e. Penyelesaian persoalan
F. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model : kontekstual
2. Metode: diskusi, tanya jawab, elisitasi, latihan
G. Media/Alat/Bahan
1. Kartu peta konsep
2. Pengeras suara
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Tahapan
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Awal Pembelajaran
1. Guru dan siswa saling menyalami.
2. Guru dan siswa berdoa.
3. Guru dan siswa bertanya jawab tentang keadaan siswa.
4. Guru mengecek siswa yang tidak hadir.
5. Guru mengecek kesiapan siswa dan keadaan sarana belajar.
6. Guru memperkenalkan KD, indikator, tujuan, materi, metode, dan penilaian.
7. Guru mengapersepsi pengetahuan siswa.
8. Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi.
9. Guru memotivasi siswa.
10. Guru mengelompokkan siswa.
Konstruktivistik
(Apersepsi)
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1. Guru mengarahkan siswa.
2. Siswa membaca contoh artikel yang disediakan guru.
3. Siswa mencermati kelogisan persetujuan dengan artikel.
4. Siswa membaca artikel lain.
5. Siswa mengidentifikasi beberapa persetujuan/dukungan terhadap isi artikel.
6. Siswa merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel.
7. Siswa mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.
8. Siswa merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan
umum dalam masyarakat (isi persoalan, latar belakang terjadinya
persoalan, pihak yang memunculkan persoalan, akibat persoalan,
penyelesaian persoalan.
9. Siswa berlatih menyampaikan pokok persoalan pada kelompok masing-masing.
10. Guru menilai hasil belajar siswa (kognitif, psikomotor, dan afektif)
Konstruktivistik
Pemodelan
Asesmen
c. Kegiatan Akhir (10 menit)
1. Siswa merangkum/menyimpulkan materi.
2. Guru dan siswa mengomentari pelaksanaan pembelajaran.
3. Guru memberikan siswa PR/berlatih di rumah.
4. Guru dan siswa mengakhiri pembelajaran.
Refleksi
Asesmen/
Latihan
I. Sumber Pembelajaran
1. Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas IX, 2010, oleh Darmawati dkk.,
Klaten Intan Pariwara.
2. Jurnal
3. LKS
J. Penilaian
1. Kognitif dan Psikomotor
Indokator Indokator soal Teknik Bentuk Instrumen
1. Mampu mengidentifikasi
persetujuan/dukungan
terhadap isi artikel.
2. Mampu merumuskan kali mat persetujuan/dukungan
terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak atau elektronik.
3. Mampu mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumber nya
4. Mampu merumuskan
pokok persoalan yang
menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat (apa isinya, siapa yang memunculkan, apa yang menjadi latar belakan nya, dan sebagainya).
5. Mampu memberikan persetujuan/dukungan dengan bukti pendukung disertai dengan alasan.
1. Disediakan kalimat per setujuan/dkungan
terhadap isi artikel, siswa mampu mengidentifikas nya.
2. Disediakan artikel, siswa mampu merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak atau elektronik.
3. Disediakan artikel, siswa mampu mendata infor masi dari sebuah artikel
dengan mencantumkan
sumber nya.
4. Disediakan artikel, siswa
merumuskan pokok per-
soalan yang menjadi
bahan perdebatan umum
dalam masyarakat
5. Disediakan artikel, siswa
mampu memberikan
persetujuan/dukungan
dengan bukti pendukung
disertai dengan alasan. Tes
Uraian Kalimat persetujuan
1. Identifikasi persetujua dukungan terhadap isi artikel
2. Rumuskanlah kali mat persetujuan/dukungan
terhadap artikel yang ter-
dapat dalam media cetak
atau elektronik!
3. Mampu mendata informasi
dari sebuah artikel dengan
mencantumkan sumber nya!
4. Rumuskan pokok perso-
alan yang menjadi bahan
perdebatan umum dalam
dalam masyarakat!
a. Apa persoalan yang
diuraikan dalam artikel?
b. Bagaimana latar bela-
kang terjadinya perso-
alan?
c. Siapa yang memuncul-
kan persoalan?
d. Bagaimana akibat
persoalan?
e. Bagaimana penyelesai-
an persoalan?
5. Berikanlah persetujuan/
dukungan dengan bukti
pendukung disertai dengan
alas an yang logis!
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
BAHASA INDONESIA
SMA KELAS 10 SEMESTER II
Standar Kompetensi
Berbicara:
Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
Kompetensi Dasar
Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel
yang terdapat dalam media cetak atau elektronik.
oleh
Hamzah Ntouna, S.Pd., M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FKIP UNIVERSITAS HALUOLEO
Desember
2010
LEMBAR KERJA SISWA
A. Standar Kompetensi
Berbicara: 10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber.
B. Kompetensi Dasar
10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam
Media cetak atau elektronik.
C. Soal
Kalimat persetujuan
1. Identifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel!
......................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................
Artikel
2. Rumuskanlah kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak atau elektronik!
..................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
3. Mampu mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya!
..................................................................................................................................................................
4. Rumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat!
a. Apa persoalan yang diuraikan dalam artikel?
..................................................................................................................................................................
b. Bagaimana latar belakang terjadinya persoalan?
..................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................
c. Siapa yang memunculkan persoalan?
...............................................................................................................................................................
d. Bagaimana akibat persoalan?
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
e. Bagaimana penyelesaian persoalan?
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
LEMBAR PEGANGAN GURU
(LPG)
BAHASA INDONESIA
SMA KELAS 10 SEMESTER II
Standar Kompetensi
Berbicara:
Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
Kompetensi Dasar
Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel
yang terdapat dalam media cetak atau elektronik
oleh
Hamzah Ntouna, S.Pd., M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FKIP UNIVERSITAS HALUOLEO
Desember
2010
Bahan Ajar
Menyampaikan Topik Artikel
Bahan Ajar
Artikel dapat didefinisikan sebagai bentuk karangan yang berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial dengan maksud menjelaskan siapa, kapan, di mana, bagaimana, atau mengapa fenomena itu terjadi. Artikel dapat menawarkan wawasan baru, baik berupa teori maupun keterampilan ataau alternatif pemecahan masalah.
Artikel-artikel dalam berbagai majalah dan surat kabar pada umumnya dapat digolongkan sebagai karangan eksposisi. Karangan yang berbentuk eksposisi biasanya berisi penjelasan-penjelasan yang bersifat informatif atau instruktif tentang berbagai aspek kehidupan, seperti pendiddikan, agama, keuangan, kesehatan, keluarga, olahraga, ilmu dan teknologi, kesustraan, dan hukum.
Artikel juga dapat digolongkan sebagai karangan argumentasi. Karangan yang berbentuk argumentasi pada umumnya bertujuan untuk meyakinkan pembaca akan pendapat atau sikap pengarang tentang suatu hal. Untuk tujuan itu, pengarang biasanya mengemukakan fakta, analisis fakta, dan kesimpulan berdasarkan analisis tersebut. Semua ini merupakan argumentasi yang digunakan oleh pengaran untuk meyakinkan pembaca.
Topik Artikel
Setiap artikel memiliki topik. Topik merupakan masalah yang dibahas dalam artikel. Selain topik, artikel memiliki pokok pikiran. Pokok pikiran merupakan hal-hal penting yang terdapat dalam artikel. Isi artikel dapat dipahami jika pokok pikiran dan jalinan hubungan antara semua pokok antara semua pokok pikiran telah anda pahami. Oleh karena itu, bacalah artikel untuk mendapatkan pokok pikiran tiap paragraf. Anda dapat menyampaikan isi artikel kepaada orang lain.
Menyampaikan Topik Artikel
Langkah-langkah menyampaikan topik sebuah artikel secara lisan sebagai berikut:
Membaca dan memahami artikel secara utuh.
Mencatat pokok-pokok isi artikel. Pokok-pokok isis artikel merupakan suatu hal yang dibahas.
Mencatat topik dan pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel.
Memberikan pendapat atau uraian beserta alasan terhadap topik yang ditemukan.
Menyampaikan secara lisan topik artikel yang dibaca dengan memberi alasan perlunya membaca artikel tersebut.
Memberikan dukungan atau persetujuan terhadap suatu masalah artinya kita ikut serta memberikan kekuatan dan membenarkan isi masalah tersebut. Memberikan dukungan harus disertai dengan argumen atau alasan yang kuat dan logis dan dalam bahasa yang mudah dipahami pembaca/pendengar. Kata kunci yang biasa digunakan untuk memberikan dukungan/persetujuan adalah frase saya sependapat atau saya setuju dengan ... karena ...
6.2.3 Tantangan 2
Kini saatnya Anda berlatih memberikan dukungan atau persetujuan terhadap suatu permasalahan, khususnya terhadap masalah yang seing diperdebatkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Siap? Tentu, kini Anda sudah siap berlatih!
Masalah:
1. Beberapa minggu yang lalu kita dihebohkan oleh berita hilangnya pesawat Boeing 737, milik maskapai penerbangan Adam Air. Pesawat ini membawa 96 penumpang termasuk enam awak pesawat. Sampai hai ini belum diketahui pasti penyebab dan lokasi kecelakaan tersebut. Sampai hari ini baru ditemukan beberapa bagian pecahan kecil dari pesawat tersebut di tempat yang tersebar. Pihak keluarga korban sudah semakin panik. Di tengah-tengah kepanikan tesebut, Direktur Adam Air, yakni Adam berjanji akan memberikan santunan di luar asuransi kepada keluarga korban masing-masing Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah). Ini sebagai rasa bela sungkawa pihak maskapai kepada keluaga korban.
2. Sejak dilantiknya SBY menjadi presiden hingga sekarang, negara kita ini terus dilanda bencana. Tregedi lalu lintas angkutan darat, bencana alam, tragedi angkutan udara, laut, bahkan tragedi politik terus berlanjut, seolah-olah tidak mau berhenti dari pertiwi ini. Hal ini tentu saja membuat panik pemerintah.Satu masalah belum selesai, muncul lagi masalah baru. Di tengah-tengah keadaan seperti ini, lawan politik, LSM, dan sebagian pengamat pemerintahan menilai bahwa keadaan ini sebagai gambaran ketidakberhasilan SBY memimpin negara. Sampai ada segelintir orang yang meminta agar SBY mundur saja dari presiden. Karena itu, wajar bila SBY menyampaikan pesan kepada masyarakat agar mau berpikir jernih dalam menanggapi keadaan negara ini. Siapa pun pemimpin negara tidak akan ada yang mau negerinya seperti ini.
6.2.4 Kunci Jawaban Tantangan 2
LEMBAR PENILAIAN
(LP)
BAHASA INDONESIA
SMA KELAS 10 SEMESTER II
Standar Kompetensi
Berbicara:
Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
Kompetensi Dasar
Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel
yang terdapat dalam media cetak atau elektronik
oleh
Hamzah Ntouna, S.Pd., M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FKIP UNIVERSITAS HALUOLEO
Desember
2010
Rubrik Penilaian Kognitif
No. Kunci Jawaban dan Deskriptor Skor
1 Identifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel 4–1
2 Rumuskanlah kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel 4–1
3 Mendata informasi dari sebuah artikel 4–1
4 a. Jenis persoalan yang diuraikan dalam artikel 4–1
b. Latar belakang terjadinya persoalan 4–1
c. Pihak yang memunculkan persoalan 4–1
d. Akibat persoalan 4–1
e. Penyelesaian 4–1
5 Persetujuan 4–1
6 Menjawab tanggapan 4–1
Jumlah 40
Pedoman Penilaian Kognitif
Skor perolehan
Rumus Nilai = ------------------- x 100
40
Panduan Pemberian Nilai
Skor Nilai Skor Nilai Skor Nilai Skor Nilai Skor Nilai
40 100 32 80 24 60 16 40 8 20
39 97.5 31 77.5 23 57.5 15 37.5 7 17.5
38 95 30 75 22 55 14 35 6 15
37 92.5 29 72.5 21 52.5 13 32.5 5 12.5
36 90 28 70 20 50 12 30 4 10
35 87.5 27 67.5 19 47.5 11 27.5 3 7.5
34 85 26 65 18 45 10 25 2 5
33 82.5 25 62.5 17 42.5 9 22.5 1 2.5
Afektif
Indokator Indokator soal Teknik Bentuk Instrumen
1. Mampu bertanggung
jawab tentang tugas yang
diberikan guru.
2. Mampu bersikap jujur
menyampaikan identitas.
3. Mampu bersikap santun
saat menyampaikan identitas
4. Mampu bekerja sama
membahas kognitif,
psikomotor, dan afektif.
5. Menghargai teman dan
guru selama pembelajaran.
6. Mampu menggunakan
bahasa yang baik dan
benar dalam bekerja sama
dan memperkenalkan diri
dan orang lain.
7. Memperhatikan pembela-
jaran. 1. Siswa mampu bertang-
gung jawab tentang tugas
yang diberikan guru.
2. Siswa mampu bersikap
jujur menyampaikan identitas.
3. Siswa mampu bersikap
santun saat menyampai-
kan identitas
4. Siswa mampu bekerja
sama membahas kognitif,
psikomotor, dan afektif.
5. Siswa menghargai teman
dan guru selama pembel.
6. Mampu menggunakan
bahasa yang baik dan
benar dalam bekerja
sama dan memperkenal-
kan diri dan orang lain.
7. Memperhatikan pembela
jaran. Observasi Panduan
observasi
Panduan Observasi
Nama/NIP :
Kelas :
KD :
Hari/Tanggal :
Pertemuan ke-:
Pedoman Observasi Sikap
No. Aspek yang Dinilai Skor
5 4 3 2 1
1 Sikap terhadap mata pelajaran.
a. Menyiapkan alat tulis/mencatat pelajaran.
b. Memperhatikan pembelajaran saat dimulai dan diakhiri.
c. Perhatian terpusat pada pelajaran.
d. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2 Sikap terhadap guru di kelas.
a. Memberi salam pada awal akhir pembelajaran.
b. Ramah/sopan santun terhadap guru dan teman.
c. Bekerja sama dengan guru selama pembelajaran.
3 Sikap terhadap proses pembelajaran.
a. Memperhatikan penjelasan guru.
b. Aktif bertanya/menjawab tugas-tugas individu/kelompok.
c. Mengerjakan tugas tepat waktu.
d. Mencatat materi pembelajaran.
e. Tidak mengganggu proses pembelajaran.
f. Menghargai teman yang sedang belajar.
g. Merefleksi pelaksanaan pembelajaran.
4 Sikap yang berkaitan dengan nilai-nilai tertentu.
a. Bertanggung jawab dan berani
b. Jujur
c. Tidak mengotori kelas.
d. Berpakaian rapi dan sesuai dengan aturan sekolah.
Jumlah Skor 80
Pedoman Penilaian Sikap
Skor perolehan
Rumus Nilai = ------------------- x 100
80
Panduan Pemberian Nilai
S N S N S N S N S N S N S N S N
80 100 70 97.5 60 75 50 62.5 40 50 30 37.5 20 25 10 12.5
79 98.75 69 86.25 59 73.75 49 61.25 39 48.75 29 36.25 19 23.75 9 11.25
78 97.5 68 85 58 72.5 48 60 38 47.5 28 35 18 22.5 8 10
77 96.25 67 83.75 57 71.25 47 58.75 37 46.25 27 33.75 17 21.25 7 8.75
76 95 66 82.5 56 70 46 57.5 36 45 26 32.5 16 20 6 7.5
75 93.75 65 81.25 55 68.75 45 56.25 35 43.75 25 31.25 15 18.75 5 6.25
74 92.5 64 80 54 67.5 44 55 34 42.5 24 30 14 17.5 4 5
73 91.25 63 78.75 53 66.25 43 53.75 33 41.25 23 28.75 13 16.25 3 3.75
72 90 62 77.75 52 65 42 52.5 32 40 22 27.5 12 15 2 2.5
71 88.75 61 76.25 51 63.75 41 51.25 31 38.75 21 26.25 11 13.75 1 1.25
Skala Nilai Sikap
85–100 = Sangat baik; b. 84–75 = Baik; c. 74–65 = Cukup; d. S < 64 = Kurang
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
Nurdin Tinggila, S.H., S.Pd., M.Pd. Hamzah Ntouna, S.Pd., M.Pd.
Nama Sekolah : MA Assalaam – Sukoharjo
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
9. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/Alat
10.1
Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik
• Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
• Kata kunci (saya kurang sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan kritik atau dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan
• Membaca artikel
• Mendiskusikan persoalan yang menjadi perdebatan umum di masyarakat ( apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakang, dsb.)
• Memberikan kritik dengan disertai alasan
• Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
• Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
• Memberikan kritik dengan disertai alasan
Jenis Tagihan:
• praktik
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan
4
artikel dari media cetak/ internet
10.2
Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
• Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
• Kata kunci (saya sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan
• Membaca artikel
• Mendiskusikan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
• Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)
• Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
• Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
• Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an)
Jenis Tagihan:
• praktik
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan
4
artikel dari media cetak/ internet
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar