Jumat, 15 Juni 2012

SILABUS DAN RPP FINA

SILABUS

Nama Sekolah        : MA Assalaam – Sukoharjo
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas            : X
Semester        :  2
Standar Kompetensi    : Berbicara
9.    Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber  

Kompetensi
 Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
 Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/Alat
10.1   
Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik 

   
•    Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
•    Kata kunci (saya kurang sependapat...  karena..., ) untuk menyampaikan kritik atau dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan
   
•    Membaca artikel
•    Mendiskusikan persoalan yang menjadi perdebatan umum di masyarakat ( apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakang, dsb.)
•    Memberikan  kritik  dengan disertai alasan

   
•    Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
•    Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
•    Memberikan  kritik  dengan disertai alasan
   
Jenis Tagihan:
•    praktik
•    tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan   
4   
artikel dari media cetak/ internet






10.2   
Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik   
   
•    Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
•    Kata kunci (saya sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan
   
•    Membaca artikel
•    Mendiskusikan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
•    Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)

   
•    Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
•    Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
•    Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan  las an)
   
Jenis Tagihan:
•    praktik
•     tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan   
4   
artikel dari media cetak/ internet














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah        : SMA Negeri 4 Kendari
Mata Pelajaran    :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : 10/II
Unit/Tema        :
Kemampuan/Aspek    : Berbahasa/Berbicara
Alokasi Waktu    : 3 x 40 menit
Tahun Pelajaran    : 20  /20

A. Standar Kompetensi
     Berbicara: 10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber.
   
B. Kompetensi Dasar
     10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak atau elektronik.

C. Indikator
     1. Kognitif    
         a. Proses
            1. Mampu mengidentifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel.
            2. Mampu merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel yang    terdapat dalam  media cetak atau elektronik.
         b. Hasil
            1. Mampu mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.
            2. Mampu merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat (apa isinya, siapa yang memunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dan sebagainya).
     2. Psikomotorik
           Mampu memberikan persetujuan/dukungan dengan bukti pendukung disertai dengan alasan.
     3. Afektif
         a. Karakter
            1. Bertanggung jawab tentang tugas yang diberikan guru.
            2. Jujur menyampaikan data/informasi.
            3. Santun
        b. Keterampilan sosial
            1. Bekerja sama membahas kognitif, psikomotor, dan afektif.
            2. Menghargai teman dan guru selama pembelajaran.
            3. Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam bekerja sama dan memberi persetu juan isi artikel. 
            4. Memperhatikan pembelajaran. 
          

D. Tujuan Pembelajaran
     1. Kognitif
         a. Proses
            1. Siswa mampu mengidentifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel setelah   disediakan beberapa kalimat persetujuan/dukungan contoh dan bertanya jawab.   
            2. Siswa mampu merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel yang   terdapat dalam media cetak atau elektronik logis disajikan beberapa kalimat persetujuan/dukungan contoh dan bertanya jawab.
        b. Hasil
            1. Siswa mampu mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan  sumbernya setelah bertanya jawab/berdiskusi serta membacanya.
           2. Siswa mampu merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahanperdebatan umum dalam masyarakat dengan logis (apa isinya, siapa yang memunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dan sebagainya).  

         2. Psikomotorik
             Siswa mampu memberikan persetujuan/dukungan secara lisan dengan bukti pendukung  
            disertai dengan alasan yang logis setelah merumuskan pokok persoalan dan bertanya jawab.
       3. Afektif
           a. Karakter
              1. Siswa mampu bertanggung jawab tentang tugas yang diberikan guru.
              2. Siswa mampu bersikap jujur menyampaikan persetujuan/dukungan.
              3. Siswa mampu bersikap santun.              
          b. Keterampilan sosial
              1. Siswa mampu bekerja sama membahas kognitif, psikomotor, dan afektif.
              2. Siswa mampu menghargai teman dan guru selama pembelajaran.
              3. Siswa mampu menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam bekerja sama dan
                  memberi persetujuan isi artikel. 
              4. Siswa mampu memperhatikan pembelajaran.
      4. Kecakapan Hidup
          1. Mahir memperoleh informasi dari berbagai sumber.
          2. Mahir mengulas berbagai sumber tertulis secara profesional berdasarkan etika sosial.

E. Materi Pembelajaran
    1. Mengidentifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel.
    2. Merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel.
    3. Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.
    4. Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat
        a. Isi persoalan
        b. Latar belakang terjadinya persoalan
        c. Pihak yang memunculkan persoalan
        d. Akibat persoalan
        e. Penyelesaian persoalan

F. Model dan Metode Pembelajaran
     1. Model  : kontekstual
     2. Metode: diskusi, tanya jawab, elisitasi, latihan
    
G. Media/Alat/Bahan
     1. Kartu peta konsep
     2. Pengeras suara

H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran    Tahapan
a. Kegiatan Pendahuluan  (10 menit)
    Awal Pembelajaran
    1. Guru dan siswa saling menyalami.
    2. Guru dan siswa berdoa.
    3. Guru dan siswa bertanya jawab tentang keadaan siswa.
    4. Guru mengecek siswa yang tidak hadir.
    5. Guru mengecek kesiapan siswa dan keadaan sarana belajar.
    6. Guru memperkenalkan KD, indikator, tujuan, materi, metode, dan penilaian.
    7. Guru mengapersepsi pengetahuan siswa.
    8. Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi.
    9. Guru memotivasi siswa.
  10. Guru mengelompokkan siswa.   




Konstruktivistik
(Apersepsi)
b. Kegiatan Inti (100 menit)
    1. Guru mengarahkan siswa.
    2. Siswa membaca contoh artikel yang disediakan guru.
    3. Siswa mencermati kelogisan persetujuan dengan artikel.
    4. Siswa membaca artikel lain.
    5. Siswa mengidentifikasi beberapa persetujuan/dukungan terhadap isi artikel.       
    6. Siswa merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel.
    7. Siswa mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.  
    8. Siswa merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat (isi persoalan, latar belakang terjadinya persoalan, pihak yang memunculkan persoalan, akibat persoalan, penyelesaian persoalan.
    9. Siswa berlatih menyampaikan pokok persoalan pada kelompok masing-masing.
  10. Guru menilai hasil belajar siswa (kognitif, psikomotor, dan afektif)        
Konstruktivistik

 


Pemodelan




Asesmen
c. Kegiatan Akhir (10 menit)
    1. Siswa merangkum/menyimpulkan materi.
    2. Guru dan siswa mengomentari pelaksanaan pembelajaran.
    3. Guru memberikan siswa PR/berlatih di rumah.
    4. Guru dan siswa mengakhiri pembelajaran.   
Refleksi
Asesmen/
Latihan

I. Sumber Pembelajaran
    1. Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas IX, 2010,  oleh Darmawati dkk., 
        Klaten Intan Pariwara.
    2. Jurnal
    3. LKS











J. Penilaian

1. Kognitif dan Psikomotor

Indokator    Indokator soal    Teknik    Bentuk    Instrumen
1.    Mampumengidentifikasi
        persetujuan/dukungan   
        terhadap isi artikel.
2.     Mampu merumuskan     kalimatpersetujuan/dukunga  terhadap artikel yang  terdapat dalam media cetak  atau elektronik.
3. Mampu mendata            informasi  dari sebuah artikel dengan   mencantumkan sumbernya.
4.  Mampu merumuskan
     pokok persoalan yang
     menjadi bahanperdebatan
     umum dalam masyarakat                     
     (apa isinya, siapa yang
     memunculkan, apa yang
      menjadi latar belakang-
      nya, dan sebagainya).
5. Mampu memberikan perse tujuan/dukungan dengan bukti pendukung disertai  dengan alasan.
    1.  Disediakankalimat       persetujuan/dukungan  terhadap isi artikel, siswa  mampu mengidentifikasinya.
 2. Disediakan artikel, siswa  mampu merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap  artikel yang  terdapat dalam media cetak  atau elektronik.
3. Disediakan artikel, siswa mampu mendata info  masi dari sebuah artikel dengan mencantumka sumber nya.
4. Disediakan artikel, siswa   merumuskan pokok per soalan yang menjadi  bahan perdebatan umum
dalam masyarakat
5.  Disediakan artikel, siswa mampu memberikan  persetujuan/dukungan  
 dengan bukti pendukung disertai dengan alasan.     Tes


    Uraian    Kalimat persetujuan
1. Identifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi  artikel
2. Rumuskan kalimat persetujuan/dukungan  
 terhadap artikel yang  ter dapat dalam media cetak atau elektronik!
3. Mampu mendata informasi   dari sebuah artikel dengan     mencantumkan sumber nya!
4. Rumuskan  pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan  umum dalam masyarakat!
     a. Apa persoalan yang  diuraikan dalam artikel?  
     b. Bagaimana latar belakang terjadinya persoalan?
     c. Siapa yang memunculkan persoalan?  
     d. Bagaimana akibat persoalan?
     e. Bagaimana penyelesaian persoalan?
5. Berikanlah persetujuan/dukungan dengan bukti
    pendukung disertai dengan  alasan yang logis!
































oleh
Hamz
LEMBAR KERJA SISWA(LKS)

A. Standar Kompetensi
     Berbicara: 10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber.

B. Kompetensi Dasar
     10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam
            Media cetak atau elektronik. 

C. Soal    

Kalimat persetujuan

1.    Identifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel!
Jawab :
 memberikan persetujuan lebih menonjolkan kelebihan sehingga kita setuju atau memperkuat isi artikel tersebut disertai dengan argumen atau alasan yang kuat dan logis.
Artikel
2. Rumuskanlah  kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel yang  terdapat dalam media cetak
    atau elektronik!
Jawab :
a.    Memberikan dukungan harus disertai dengan argumen atau alasan yang kuat dan logis dan dalam bahasa yang mudah dipahami pembaca/pendengar.
b.    Kata kunci yang biasa digunakan untuk memberikan dukungan/persetujuan adalah frase saya sependapat atau saya setuju dengan ... karena ...
c.    memberikan persetujuan lebih menonjolkan kelebihan sehingga kita setuju atau memperkuat isi artikel tersebut

3. Mampu mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya!
a.    Informasi yang kita terima dari mana pun, termasuk dari artikel dalam media cetak atau elektronik, bisa sesuai dengan pemikiran kita, tetapi juga bisa bertentangan. Jika kita setuju dengan informasi yang kita terima, tentu kita dapat mendukung dan memberikan persetujuan. Namun, jika tidak menyetujuinya, kita juga dapat menyampaikan kritik atau tambahan.
b.    Jika ingin mencari informasi tentang masalah yang aktual dan sedang menjadi polemik, kita dapat membuka surat kabar, melihat tayangan televisi, atau mengunjungi situs internet. Saat ini, media massa, baik cetak maupun elektronik, menyajikan banyak sekali informasi dari berbagai bidang dengan cepat dan aktual
c.    Jika informasi sudah diperoleh, pendataan informasi sangat penting. Informasi mempunyai berbagai fungsi, baik untuk mengembangkan pengetahuan seseorang, sebagai bahan rujukan atau referensi, sebagai data atau bukti, maupun untuk kepentingan lain. Sumber informasi juga harus dicantumkan secara jujur dan jelas sebagai penghormatan atas hak cipta.
3.    Rumuskan  pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat!

a.    Apa persoalan yang diuraikan dalam artikel? 
 Jawab :
           Sejak dilantiknya SBY menjadi presiden hingga sekarang, negara kita ini terus  dilanda bencana   
b.    Bagaimana latar belakang terjadinya persoalan?
Jawab :
Tregedi lalu lintas angkutan darat, bencana alam, tragedi angkutan udara, laut, bahkan tragedi politik terus berlanjut, seolah-olah tidak mau berhenti dari pertiwi ini. Hal ini tentu saja membuat panik pemerintah.Satu masalah belum selesai, muncul lagi masalah.baru
c.    Siapa yang memunculkan persoalan?
Jawab : 
Yang memunculkan persoalan adalah lawan politik, LSM, dan sebagian pengamat pemerintahan menilai bahwa keadaan ini sebagai gambaran ketidakberhasilan SBY memimpin negara
       .
d.    Bagaimana akibat persoalan?
Jawab :
Akibat persoalan ini lawan politik dan segelintar orang meminta SBY untuk mundur dari jabatanya agar pemimpin berikutnya bisa menjaga negara ini lebih baik lagi
e.    Bagaimana penyelesaian persoalan? 
Jawab :     
 segelintir orang yang meminta agar SBY mundur saja dari presiden. Karena itu, wajar bila SBY menyampaikan pesan kepada masyarakat agar mau berpikir jernih dalam menanggapi keadaan negara ini. Siapa pun pemimpin negara tidak akan ada yang mau negerinya seperti ini.

  































BAHAN AJAR

Menyampaikan Topik Artikel

    Artikel dapat didefinisikan sebagai bentuk karangan yang berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial dengan maksud menjelaskan siapa, kapan, di mana, bagaimana, atau mengapa fenomena itu terjadi. Artikel dapat menawarkan wawasan baru, baik berupa teori maupun keterampilan atau alternatif pemecahan masalah.
    Artikel-artikel dalam berbagai majalah dan surat kabar pada umumnya dapat digolongkan sebagai karangan eksposisi. Karangan yang berbentuk eksposisi biasanya berisi penjelasan-penjelasan yang bersifat informatif atau instruktif tentang berbagai aspek kehidupan, seperti pendiddikan, agama, keuangan, kesehatan, keluarga, olahraga, ilmu dan teknologi, kesustraan, dan hukum.
    Artikel juga dapat digolongkan sebagai karangan argumentasi. Karangan yang berbentuk argumentasi pada umumnya bertujuan untuk meyakinkan pembaca akan pendapat atau sikap pengarang tentang suatu hal. Untuk  tujuan itu, pengarang biasanya mengemukakan fakta, analisis fakta, dan kesimpulan berdasarkan analisis tersebut. Semua ini merupakan argumentasi yang digunakan oleh pengaran untuk meyakinkan pembaca.
   
Topik Artikel

    Setiap artikel memiliki topik. Topik merupakan masalah yang dibahas dalam artikel. Selain topik, artikel memiliki pokok pikiran. Pokok pikiran merupakan hal-hal penting yang terdapat dalam artikel. Isi artikel dapat dipahami jika pokok pikiran dan jalinan hubungan antara semua pokok antara semua pokok pikiran telah anda pahami. Oleh karena itu, bacalah artikel untuk mendapatkan pokok pikiran tiap paragraf. Anda dapat menyampaikan isi artikel kepaada orang lain.

Menyampaikan Artikel

    Langkah-langkah menyampaikan persetujuan sebuah artikel secara lisan sebagai berikut:
    Membaca dan memahami artikel secara utuh.
    Mencatat pokok-pokok isi artikel. Pokok-pokok isis artikel merupakan suatu hal yang dibahas.
    Mencatat topik dan pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel.
    Memberikan pendapat atau uraian beserta alasan terhadap topik yang ditemukan.
    Menyampaikan secara lisan topik artikel yang dibaca dengan memberi alasan perlunya membaca artikel tersebut.

Memberikan Dukungan terhadap isi artikel
. Memberikan persetujuan tidak jauh berbeda dengan memberikan kritikan. Bedanya, dalam memberikan kritikan, kita lebih menonjolkan kekurangan dan memberikan jalan keluar sedangkan memberikan persetujuan lebih menonjolkan kelebihan sehingga kita setuju atau memperkuat isi artikel tersebut. Tentu saja keduanya harus disertai dengan argumen atau alasan yang kuat dan logis.
dalam memberikan kritik kita menjelaskan alasan mengapa hal tersebut dianggap kurang. Sedangkan dalam memberikan dukungan, kita harus menjelaskan alasan mengapa kita mendukung. Paham? Saya yakin Anda paham terhadap maksud saya. Kalau dalam memberikan kritik, biasanya menggunakan kata kunci saya kurang sependapat terhadap ... karena ... . Dalam memberikan dukungan biasanya menggunakan kata kunci saya setuju atau sependapat dengan ... karena ...Misalnya, Saya sependapat dengan penulis bahwa mengurangi subsidi BBM merupakan salah satu jalan terbaik untuk dapat mengurangi utang negara karena selama ini uang yang digunakan untuk subsidi BBM berasal dari pinjaman luar negeri. Dengan dihapuskannya subsidi, setidaknya utang negara akan bekurang.
Memberikan dukungan atau persetujuan terhadap suatu masalah artinya kita ikut serta memberikan kekuatan dan membenarkan isi masalah tersebut. Memberikan dukungan harus disertai dengan argumen atau alasan yang kuat dan logis dan dalam bahasa yang mudah dipahami pembaca/pendengar. Kata kunci yang biasa digunakan untuk memberikan dukungan/persetujuan adalah frase saya sependapat atau saya setuju dengan ... karena ...
Contoh artikel masalah yang sering diperdebatkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Pelantikan SBY
. Sejak dilantiknya SBY menjadi presiden hingga sekarang, negara kita ini terus dilanda bencana. Tregedi lalu lintas angkutan darat, bencana alam, tragedi angkutan udara, laut, bahkan tragedi politik terus berlanjut, seolah-olah tidak mau berhenti dari pertiwi ini. Hal ini tentu saja membuat panik pemerintah.Satu masalah belum selesai, muncul lagi masalah baru. Di tengah-tengah keadaan seperti ini, lawan politik, LSM, dan sebagian pengamat pemerintahan menilai bahwa keadaan ini sebagai gambaran ketidakberhasilan SBY memimpin negara. Sampai ada segelintir orang yang meminta agar SBY mundur saja dari presiden. Karena itu, wajar bila SBY menyampaikan pesan kepada masyarakat agar mau berpikir jernih dalam menanggapi keadaan negara ini. Siapa pun pemimpin negara tidak akan ada yang mau negerinya seperti ini.
Tanggapan
Saya sependapat dengan lawan politik, LSM, pengamat pemerintah dan masyarakat bahwa SBY harus mundur dari jabatannya sebagai presiden karena dalam masa pemerinthannya di negara Indonesia sebagai presiden banyak bencana yang datang silir berganti seperti tragedi lalu lintas, bencana alam, tragedi angkutan udara, targedi angkutan laut dan tragedi politik terus berlanjut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar